Sholehuddin, Ketua PC ISNU Sidoarjo menghadiri Stadium Generale Moderasi Beragama

SIDOARJO – Sholehuddin, Ketua PC ISNU Sidoarjo menghadiri Stadium Generale Moderasi Beragama yang diadakan di Tower KH. Mahrus Aly B, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya pada Selasa (30/05/2022). Acara tersebut diisi oleh Menteri Agama Periode 2014, Dr. (H.C.) K.H. Lukman Hakim Saifuddin.

“Hakekat moderasi beragama itu tidak ada sama sekali yang baru, refrensinya juga masih diambil dari ulama-ulama kita, Tawasuth, Tasamuh, Tawazun, I’tidal, itu sebenarnya juga hal-hal yang sudah ada, hanya istilahnya saja yang baru yaitu moderasi beragama, mengapa kita perlu mengemas, karena kira berada di ruang publik, sehingga perlu menyamakan persepsi,” ujar mantan menteri agama Indonesia tersebut.

Pihaknya juga memaparkan Indonesia sebagai negara yang religius. Hal ini menjadikan budaya beragama sebagai salah satu poin yang diakomodasi oleh Moderasi Beragama.

“Semangat beragama itu justru merangkul, memanusiakan manusia, ruhnya itu relgiusitas, jarang ditemukan di dunia bangsa dengan religiusitas sekental kita di Indonesia, ibu-ibu mau arisan istilahnya silaturahmi, itu sebabnya indikator Moderasi Beragama itu akomodatif terhadap budaya,” ujarnya.

Abah Sholehuddin, Ketua PC ISNU Sidoarjo yang juga menjabat sebagai Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya sekaligus Sekretaris Komisi Fatwa MUI Sidoarjo itu mengatakan, bahwa ISNU Sidoarjo akan mendukung program moderasi beragama yang dikeluarkan oleh pemerintah. Pihaknya akan berupaya berkolaborasi dengan banom-banom NU agar program ini dapat terealisasikan.

“Salah satu program prioritas ISNU Sidoarjo adalah mendukung program prioritas pemerintah yaitu penguatan moderasi beragama,” ujar dosen IAI Al Khoziny, UNUSIDA sekaligus Instruktur Nasional Moderasi Beragama tersebut.

Pewarta : Noven Lukito HS.

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *