Sidoarjo – Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) mengadakan Kajian bertema Moderasi Beragama Sebagai Jalan Dakwah di Masjid Agung Sidoarjo pada Ahad (17/04/2024). Pada kesempatan tersebut Dr. KH. Sholeh Qosim dan Abah Sholehuddin, Ketua PC ISNU Sidoarjo tampil sebagai pembicara.

Kiai Sholeh Qosim, Dewan Ahli ISNU Sidoarjo mengatakan, moderasi beragama penting untuk keutuhan bangsa. Pihaknya juga mengapresiasi Banser NU dan pihak-pihak lain yang tetap aktif dalam aksi solidaritas dengan agama lain.

“Cara beragama perlu dimoderasi karena ada amalan keagamaan yang melampaui batas, jangan berlebihan, tetap perlu menghargai pemahaman orang lain,” ujar Kiai yang juga menjabat sebagai Pengasuh LPPQ Al Karim tersebut.

Sedangkan Abah Sholehuddin mengatakan, moderasi beragama itu bukan agamanya yang dimoderasi, tapi beragamanya yang dimoderasi. Moderasi beragama juga tidak melenceng dari ajaran islam.

Pihaknya mengakui radik (mendalam) dalam beragama itu bagus, karena orang wajib memahami agamanya sampai ke akar-akarnya. Namun jangan sampai menjadi ekstrim, yaitu berlebihan (tatharruf) dan memaksakan tafsir keagamaan versinya ke pemeluk agama lain. Menurutnya inti dari moderasi beragama itu tidak saling menyalahkan.

“Kita ini sering menghakimi orang berdasarkan asumsi, inti dari moderasi beragama adalah tidak saling menyalahkan dan menghargai perbedaan,” ujar Dosen Al Khoziny dan Unusida sekaligus Instruktur Nasional Kemenag RI tersebut.

Pada kesempatan tersebut, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya itu memberikan buku berjudul “Moderasi Beragama Pemikiran, Gagasan dan Penerapan” secara simbolis kepada KH. Sholeh Qosim. Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu kolaborasi PCNU Sidoarjo dengan LPPQ Al-Karim Jawa Timur dan Masjid Agung Sidoarjo selama Bulan Ramadhan.

Pewarta : Noven Lukito H.S.

By Admin

3 thoughts on “PC ISNU Sidoarjo Adakan Kajian Moderasi Beragama di Masjid Agung”
  1. Wonderful beat ! I would like to apprentice while you amend your web site, how can i subscribe for a weblog website? The account aided me a acceptable deal. I have been tiny bit acquainted of this your broadcast offered vibrant clear idea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
RSS
Follow by Email
Instagram
Telegram
WhatsApp